Monday, April 11, 2016

Daftar Harga Kayu Gaharu Terbaru


Harga Kayu Gaharu - Pohon Gaharu jadi pohon penghasil kayu dengan harga termahal. Kayu gaharu yang memiliki kandungan  gupal dapat dihargai sampai beberapa puluh juta rupiah per kilonya. Bahkan juga kayu gaharu tanpa ada gupal atau resin meskipun masihlah laris terjual beberapa puluh ribu perkilonya. Hingga sebutan sebagai pohon termahal memanglah layak disandangkan pada pohon gaharu. 

Gaharu yaitu nama kayu sekalian beragam type pohon dari genus Aquilaria (anggota famili Thymelaeaceae). Pohon serta kayu gaharu jadi tenar serta mahal karena mengandung resin  bakal berbau harum serta banyak dipakai dalam industri kosmetika ataupun obat-obatan. Kayu gaharu jadi satu diantara komoditas ekspor andalan Indonesia. Sayangnya, mahalnya harga kayu gaharu berimbas pada makin langkanya pohon ini. Hingga CITES juga mengatur ketat perdagangan kayu ini. 

Daftar Harga Kayu Gaharu Terbaru

Ada 20-an spesies gaharu yang tumbuh menyebar di Asia, dari mulai China, Asia Tenggara, sampai India. Di Indonesia sendiri sekurang-kurangnya ada 6 spesies pohon gaharu. Dari beragam type itu, yang paling di kenal luas yaitu spesies dengan nama latin Aquilaria malaccensis. 

Pohon Gaharu (Aquilaria spp.) memiliki ukuran besar serta tinggi. Tingginya dapat meraih hingga 40 mtr. dengan diameter batang kian lebih 60 cm. Batangnya lurus, tak berbanir, serta berkayu keras. Kulit pohon halus serta berwarna coklat keputihan. Judul tumbuhan gaharu bulat, lebat, dengan percabangan yang horisontal. Daun gaharu tunggal, berupa lonjong memanjang dengan panjang 5 – 8 cm serta lebar 3 – 4 cm. Ujung daun runcing, warna daun hijau mengkilap. 

Bunga gaharu kecil berwarna hijau atau kekuningan yang nampak di ujung ranting atau diatas serta bawah ketiak daun. Buah polong berupa bulat telur memiliki ukuran 5 x 3 cm. Sedang bijinya berupa bulat atau bulat telur dengan bulu-bulu halus berwarna  kemerahan. 

Indonesia mulai mengekspor dengan cara segera kayu gaharu (semacam damar) ke China sebelumnya setelah lewat negara penghubung seperti Taiwan, Singapura serta Hong Kong. Ekspor segera akan bikin harga di level petani jadi lebih tinggi lantaran tak ada cost yang di keluarkan untuk pihak ketiga. 

Di pasar internasional, keinginan gaharu meraih 4. 000 ton per th. serta China sudah jadi satu diantara importir gaharu paling besar sejumlah 500  ton per th.. Beberapa besar kayu gaharu Indonesia diekspor ke Saudi Arabia, Emirat Arab, Taiwan, Singapura, Hong Kong, AS serta Uni Eropa lantaran kesusahan dalam menembus segera ke pasar China. 

Dalam lima th. paling akhir keseluruhan ekspor kayu gaharu Indonesia meraih  170-573 ton serta membuahkan devisa sebesar US$26 juta di th. 2006 serta bertambah jadi US$86 juta pada th. 2010. Kayu gaharu yang biasa  diekspor berupa chips, blok, bubuk serta minyak. 

Potensi gaharu di Indonesia diprediksikan meraih 600. 000 ton setahun  dengan sentra produksi di Papua, Kalimantan serta Sumatera. Harga gaharu Indonesia sekitar pada Rp100. 000 serta Rp150. 000 per kg bergantung mutunya. Melihat Daftar Harga Kayu Gaharu, membuat beberapa waktu terakhir, pertanian gaharu sudah mulai diperkembang di daerah Bangka, Sukabumi, Bogor, Lampung serta Nusa Tenggara Timur. 

Kwalitas paling baik gaharu di Indonesia (Aquilaria filaria) datang dari  rimba Kalimantan Timur yang dapat terjual sampai Rp150 juta per kg. Di China type kayu itu bisa terjual sampai Rp400 juta per kg, sedang di lokasi Timur Tengah harga nya dapat meraih Rp300 juta per kg. 

Di negara-negara maksud ekspor, kayu itu dipakai untuk bahan obat-obatan, bahan baku minyak wangi, aroma therapy, suvenir serta perlengkapan ritual keagamaan.

Artikel Terkait